Media Pembelajaran Visual dan Audio Visual

Konsep Media Pembelajaran

A. Media Pembelajaran 1
Mata Pelajaran       :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       :   X/1
SK                              :   7. Belajar dari Biografi
KD                             :   1.3 Menganalisis Aspek Makna dan Kebahasaan Dalam Teks Biografi
Kegiatan 3               :   Mengidentifikasi Kaidah Bahasa Teks Biografi




Alat dan Bahan:
1. 2 buah styrofoam
2. Lem astro/lem styrofoam
3. Silet
3. Gunting
4. Kertas lipat
5. Double tip
5. HVS
6. Spidol

Bahan yang Diketik:
1. Teks biografi tokoh pahlawan
2. Gambar tokoh pahlawan

Langkah-Langkah Membuat:

1. Ambil satu buah styrofoam, lalu potong menjadi dua bagian sama besar.

2. Bentuklah bagian pertama menjadi lingkaran dengan diameter 15-20 cm.

3. Sedangkan bagian kedua, bentuk menjadi segitiga tumpul dengan panjang 20--25 cm dan lebar bawah 10 cm dan lebar atas 5 cm. Nantinya potongan ini digunakan sebagai kaki dari styrofoam lingkaran yg telah dibuat. Sisa dari potongan bagian kedua jangan dibuang,  sisihkan terlebih dahulu untuk dijadikan alas ukuran 5 x 5 cm.

4. Ambil satu buah styrofoam lalu potong menjadi dua bagian, bagian pertama untuk menempel potongan-potongan yang telah dibentuk sehingga ukurannya lebih besar sekitar 35 x 35  cm sedangkan bagian kedua adalah sisa dari bagian pertama yang akan dipotong menjadi dua yaitu untuk tempat clue

5. Kemudian rangkai dengan menempelkan satu per satu yang telah dibuat. Di posisi paling atas, yaitu styrofoam berbentuk lingkaran, lalu posisi selanjutnya potongan styrofoam berbentuk segitiga tumpul sebagai kaki lingkaran. Berikutnya, potong styrofoam berbentuk persegi panjang dengan panjang yang sama dengan styrofoam tersebut dan lebar 5 cm sebagai tempat menuliskan clue, dan yang terakhir adalah bagian berbentuk persegi panjang sebagai alas sekaligus tempat jawaban dari clue-clue yang dibuat.

6. Buatlah garis yang membagi potongan styrofoam itu menjadi 6 bagian. Kemudian gunting beberapa kertas lipat dengan warna yang berbeda-beda sesuai dengan ukuran-ukuran lingkaran yang dibagi menjadi 6 tadi.

7. Tempelkan guntingan-guntingan kertas lipat tadi

8. Beri garis juga pada bagian yang berfungsi sebagi tempat clue dan jawabannya menjadi bentuk persegi panjang, bagi menjadi 6 atau sesuai dengan jumlah materi kaidah bahasa yang ada dalam teks biografi

9. Gunting kertas lipat, lalu bentuk menjadi kantong kecil

10. Gunting jawaban dari clue, tempelkan pada double tip, gunting dengan ukuran yg pas lalu masukkan ke dalam kantong

11. Gunting teks biografi dan foto tokoh biografi.

12. Tempelkan foto tokoh biografi di bagian paling atas belakang styrofoam

13. Beri double tip di bagian belakang kata per kata teks biografi, lalu tempelkan satu per satu sesuai dengan urutannya.

14. Kosongi bagian-bagian yang haru ditempel/diisi oleh siswa.

Penerapan Hasil Media Pembelajaran di Kelas:

1. Guru membuka pembelajaran hari itu dengan mengucapkan salam, dan menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa.

2. Guru menanyakan kehadiran siswa (mengabsen)

3. Guru melakukan apersepsi

4. Guru memberikan motivasi.

5. Guru memberi tahu bahwa media yang telah dibawanya berfungsi untuk menyampaikan materi yang akan dibahas yaitu tentang "Kaidah Kebahasaan Teks Biografi".

6. Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai setelah proses pembelajaran berlangsung.

7. Guru memulai pembelajaran dengan mengenalkan judul materi yang disampaikan.

8. Guru bertanya pemahaman siswa tentang teks biografi.

9. Guru menerangkan tentang pengertian dan apa saja yang ada dalam teks biografi termasuk kaidah kebahasaan.

10. Setelah siswa paham, guru membentuk kelompok kecil beranggotakan 4 orang/individu dari keseluruhan siswa di kelas.

11. Guru meminta salah satu siswa dipilih menjadi ketua dalam kelompok tersebut.

12. Setelah ketua kelompok dipilih, satu per satu siswa yang menjadi ketua kelompok maju untuk membacakan clue-clue yang ada, lalu mencari pilihan jawaban yang tepat di kantong jawaban yang disediakan.

13. Setelah selesai membaca clue tersebut siswa diminta membacakan jawaban yang dipilihnya, lalu menempelkannya di kolom jawaban yang disediakan.

14. Guru memberitahukan bahwa sebenarnya jawaban yang mereka pilih dan tempelkan di kolom-kolom berwarna itu, ada kaitannya dengan lingkaran yang ada di atasnya dan telah terbagi menjadi 6 bagian dengan warna-warna yang sesuai dengan kolom jawaban.

15. Siswa diminta membuka lembaran yang menempel pada masing-masing warna dalam lingkaran tersebut sesuai dengan warna yang didapat saat menjawab clue.

16. Siswa harus membaca lembaran tersebut dan memahaminya untuk dijelaskan pada masing-anggota kelompok.

17. Siswa yang menjadi ketua kelompok kembali kepada kelompoknya masing-masing lalu menjelaskan apa yang ia ketahui dan pahami di depan kelas.

18. Guru meminta siswa berdiskusi menentukan atau menunjuk siapa yang akan maju ke depan untuk mengisi teks biografi yang di dalamnya terdapat bagian yang rumpang.

19. Guru memberikan kesempatan satu per satu kepada siswa yang ditunjuk untuk mengisi bagian yang rumpang.

20. Guru mengoreksi jawaban siswa yang maju, lalu memberitahu jawaban yang benar untuk memperbaiki jika ada jawaban yang salah.

21. Guru menerangkan dengan ringkas inti materi yang dipelajari pada hari itu.

22. Guru memberi kesimpulan dari keseluruhan proses pembelajaran.




B. Media Pembelajaran 2
Mata Pelajaran        :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      :   X/1
SK                              :   7. Belajar dari Biografi
KD                             :   1.3 Menelaah Teks Biografi
Kegiatan 3                :    Menemukan Pola Penyajian Karakter Unggul Dalam Teks Biografi





Alat dan Bahan:
1. 1 buah styrofoam
2. Lem astro/lem styrofoam
3. Silet
4. Gunting
5. Double tip
5. Kertas lipat
6. Kertas map
7. Paku kecil

Bahan yang Diketik:
1. Judul materi "Pola Penyajian Karakter Unggul Tokoh"
2. Macam-macam pola penyajian karakter unggul (judul dan penjelasannya)
3. Teks biografi tokoh pahlawan dan fotonya
4. Karakter unggul yang ingin ditampilkan.
5. Pola penyajian karakter unggul tokoh masing-masing 2
6. Anak panah

Langkah-Langkah Membuat:

1. Siapkan satu buah styrofoam lalu potong menjadi 2 bagian. Bagian pertama dengan ukuran yang lebih besar yaitu 40 x 40 cm, sedangkan bagian kedua digunakan sebagai alas sehingga ukuran lebar lebih kecil yaitu 5 cm dan panjang 37 cm.

2. Gunting kertas lipat 4 warna berbentuk gelembung awan.

3. Tempelkan judul materi di bagian paling atas dasar styrofoam ukuran 40 x 40 cm

4. Tempelkan juga hasil guntingan kertas lipat berbentuk gelembung awan pada styrofoam ukuran 40 x 40 cm dengan lem astro dan pasang juga paku kecil di keempat pojoknya.

5. Bentuk kertas map menjadi kantong-kantong sejumlah 4 buah

6. Tempelkan kantong tersebut di bawah guntingan kertas lipat berbentuk gelembung awan.

7. Gunting kertas lipat menjadi 4 buah lingkaran berdiameter 2-3 cm sesuai dengan warna-warna gelembung awan

8. Lalu tempelkan guntingan tersebut ke bagian depan kantong yang akan berisi penjelasan materi

9. Gunting macam-macam pola penyajian karakter unggul yang sudah diketik, lalu tempelkan pada kertas lipat berbentuk gelembung awan.

10. Gunting materi penjelasan macam-macam pola penyajian karakter unggul lalu gulung dan ikat kemudian masukkan ke dalam kantong-kantong yang sesuai.

11. Tempelkan anak panah diantara tempelan gelembung awan yang arahnya mengikuti letak masing-masing gelembung awan.

12. Gunting foto tokoh biografi, lalu tempelkan pada bagian paling atas belakang styrofoam

13. Gunting teks biografi yang di dalamnya terdapat karakter unggul dari tokoh, kemudian tempelkan di bawah foto tokoh biografi.

14. Gunting juga kertas lipat warna-warni yang sesuai dengan warna dan teks dalam gelembung awan sebelumnya, tempelkan juga karakter yang sesuai dengan potongan teks biografi yang telah ditempel.

15. Gunting macam-macam pola penyajian, beri double tip di belakangnya, lalu tempelkan sesuai dengan penyajian karakter unggul dalam potongan teks biografi.


Penerapan Media Pembelajaran di Kelas:

1. Guru membuka pembelajaran hari itu dengan mengucapkan salam, dan menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa.

2. Guru menanyakan kehadiran siswa (mengabsen)

3. Guru melakukan apersepsi

4. Guru memberikan motivasi.

5. Guru memberi tahu bahwa media yang telah dibawanya berfungsi untuk menyampaikan materi yang akan dibahas yaitu tentang "Kaidah Kebahasaan Teks Biografi".

6. Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai setelah proses pembelajaran berlangsug.

7. Guru memulai pembelajaran dengan membentuk siswa menjadi kelompok besar beranggotakan 6-8 orang

8. Dari masing-masing kelompok ada satu orang yang dipilih menjadi ketua.

9. Guru membebaskan ketua kelompok memilih satu dari anggota kelompok maju ke depan.

10. Guru memberi kesempatan satu per satu perwakilan siswa mengambil gulungan kertas di dalam kantong yang tersedia.

11. Setelah gulungan kertas diperoleh, siswa membacakan apa yang tertulis dalam gulungan kertas tersebut.

12. Guru memberikan kesempatan secara paralel siswa dari anggota kelompok yang lain maju untuk menjawab pola penyajian karakter unggul yang digunakan dari potongan teks yang ada di belakang styrofoam.

13. Guru membahas dan memberi penilaian terhadap jawaban siswa.

14. Guru menyimpulkan mengenai materi yang dipelajari hari itu.



Berikut adalah media pembelajaran audio visual menggunakan aplikasi powtoon






Komentar

Postingan Populer