Langkah-Langkah Pelaksanaan dan Contoh RPP Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Langkah-Langkah Pelaksanaan Model Pembelajaran
Snowball Throwing
- Guru menyampaikan materi pelajaran yang akan disajikan.
- Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi pelajaran tersebut.
- Masing-masing ketua kelompok kembali kepada kelompoknya, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan guru kepada teman-temannya.
- Kemudian masing-masing peserta didik diberikan satu lembar kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok. Se
- Selanjutnya kertas tersebut dibuat seperti
bola dan dilempar dari satu peserta didik ke peserta didik lain
selama 5 menit.
- Setelah peserta didik mendapatkan satu bola kertas/satu pertanyaan, diberikan kesempatan peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang tertulis di dalam kertas tersebut secara bergantian.
- Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang disampaikan.
- Guru melakukan evaluasi.
- Guru menutup proses pembelajaran.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMPN
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII/1
|
Tema/Topik
|
:
|
Memahami
Teks Drama dan Novel
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
x 45 menit
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Memahami
unsur-unsur pembentuk teks drama melalui identifikasi serta memahami
langkah-langkah pembuatan sinopsis novel remaja Indonesia.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
1.1 Mengidentifikasi
unsur-unsur intrinsik teks drama.
1.2 Menjelaskan
langkah-langkah membuat sinopsis novel.
|
Indikator
|
:
|
1.1 Memahami apa saja unsur-unsur intrinsik dalam teks
drama.
1.2 Memahami
langkah-langkah dalam membuat sinopsis novel.
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
Tujuan
dari proses pembelajaran ini adalah kamu mampu:
1.
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dalam teks drama.
2.
Menjelaskan langkah-langkah dalam membuat sinopsis
novel serta mampu menerapkannya.
|
Materi Pelajaran
|
:
|
1. Unsur-unsur
intrinsik dalam teks drama
a. Tema
b. Tokoh
c. Latar/setting
d. dan
lain sebagainya
2. Pengertian
novel dan sinopsis novel.
3. Langkah-langkah
yang ditempuh dalam membuat sinopsis
Metode
Pembelajaran
|
:
|
Cooperative
Learning
|
Model
Pembelajaran
|
:
|
Snowball
Throwing
|
Media Pembelajaran
|
:
|
Lembar
Kerja Siswa
|
Kegiatan satu pertemuan
(2 x 45 menit)
1. Kegiatan
Awal Pendahuluan (15 menit)
Ø Membuka
kegiatan belajar mengajar dengan salam dan doa.
Ø Membangkitkan
semangat belajar peserta didik dan memusatkan perhatiannya pada pelajaran.
Ø Memberikan
topik materi yang akan dipelajari.
Ø Memberikan
acuan tujuan pembelajaran atau kemampuana yang diharapkan dikuasai oleh siswa.
2. Kegiatan
Inti (55 menit)
Ø Menjelaskan
langkah-langkah atau prosedur dalam proses pembelajaran.
Ø Membentuk
beberapa kelompok (grup) kecil, yang terdiri dari 3-4 orang siswa.
Ø Meminta
salah satu anggota kelompok untuk menjadi ketua pada masing-masing kelompok.
Ø Menyajikan
materi sesuai dengan tema/topik dalam bentuk penjelasan atau menerangkan materi
hanya pada ketua kelompok saja.
Ø Ketua
kelompok diberi kewajiban untuk menjelaskan atau menerangkan kembali apa yang
telah disampaikan kepada anggota kelompok.
Ø Memberi
lembar kerja siswa yang digunakan untuk menuliskan pertanyaan apa saja
menyangkut materi pelajaran yang disampaikan oleh ketua kelompok.
Ø Kertas
(lembar kerja siswa) dibuat seperti bola, kemudian dilempar dari satu peserta
didik ke peserta didik lainnya, selama 5 menit masing-masing harus mendapatkan
satu bola yang berbeda dengan waktu yang ditentukan.
Ø Setelah
mendapat satu bola kertas, peserta didik diberikan kesempatan untuk menjawab
pertanyaan yang tertulis di kertas tersebut secara bergantian.
3. Penutup
(20 menit)
Ø Guru
menyampaikan kesimpulan yang merupakan inti dari materi pelajaran yang dibahas.
Ø Melakukan
evaluasi.
Ø Menutup
kegiatan belajar mengajar.
Sumber Belajar
|
:
|
Buku
Teks: Tim Abdi Guru (Saefudin, M.Pd., Haryanto, M.Pd., Hadi Sunaryo, M.Pd.),
2008. Seribu Pena Bahasa Indonesia KTSP 2006: Erlangga
|
Komentar
Posting Komentar